Agar Pikiran Selalu Bahagia

Surabaya, 4Jovem Redaksi – ( Jumat  23 / 02 / 2018)

Apakah anda selalu merasa bahagia dalam kehidupan anda?. Lantas hal apa yang membuat anda merasa bahagia?. banyak pepatah yang mengatakan bahwa hidup yang bahagia adalah hidup yang seimbang. Lalu bagaimanakah yang dimaksud dengan kehidupan seimbang?

Dalam kehidupan, manusia memiliki dua kebutuhan, yakni kebutuhan rokhani dan kebutuhan jasmani. Kebutuhan jasmanai contohnya makan minum, tempat tinggal, pakaian, kendaraan maupun kebutuhan lain yang sifatnya materi. namun pemenuhan kebutuhan jasmani tidak menjamin seseorang menjadi bahagia jika tanpa diimbangi dengan kebutuhan rokhani.

Kebutuhan rokhani bisa juga disebut dengan kebutuhan spiritual dan kebutuhan yang bersifat kejiwaan. Kebutuhn rokhani tidak Nampak secara nyata, hanya saja orang yang bersangkutan akan merasakan dampak dari pemenuhan kebutuhan rokhani. Seperti merasa tenang, rasa nyaman, damai, bahagia, terpuaskan dan lain lainnya.

Lantas bagaimana kita bisa memenuhi kebutuhan rokhani?. Beberapa aktifitas bisa dilakukan, seoerti membaca buku, bertamasya, mendengarkan music maupun beribadah. Saat kebutuhan rokhani sudah terpenuhi, maka akan muncul kebahagiaan dalam hidup kita.

Misalkan, kita merasa bahagia saat kita telah membantu orang lain yang kesusahan denga n tepat waktu, berarti kita memenuhi kebutuhan rokhani kita dan merasakan hasilnya berupa rasa bahagia. Atau kita merasa tenang ketika kita melakukan kebaikan, seperti beribadah; puasa, sembahyang dan lain lain.

Nah mumpung kita masih diberi kesempatan untuk berbuat banik lebih banyak, yuk jangan sia siakan waktu yang ada. Perbanyaklah berbuat baik kepada diri sendiri dan sesame yaa. Mimin yakin kog, dengan semakin banyak melakukan hal hal baik, maka akan sangat mudah kita menggapai kebagiaan. Selamat merayakan weekend buat semua (ain)